Bagi rekan-rekan yang selama ini penasaran dengan isi Injil Brnabas, skarang ndk susah susah lagi mencari kitab yang di anggap ilegal oleh umat Kristiani dunia (Katolik-Protestan). Walaupun bahasanya agak sedikit rancu tapi mudah dipahami ko..  Semoga dapat bermanfaat..


Injil Baranabas

Bahasa Indonesia

Disunting

O

L

E

H

Hamdani

Sumber :

http://www.latrobe.edu.au

Desember 2008


BAB 1 – 9

The Annunciation

1. 1. Dalam satu tahun terakhir ini disebut Virgin Mary, dari keturunan Daud, dari suku Yehuda, telah dikunjungi oleh malaikat Jibril dari Allah. Virgin ini, tinggal di semua kesucian tanpa ada pelanggaran, yang tdk bersalah, dan mematuhi dalam doa dengan fastings, menjadi satu hari saja, malaikat Jibril memasuki ruang itu, dan ia saluted dia berkata: “Tuhan akan dengan Anda, hai Maria” .

2. ” Yang tadinya mamang Virgin di Tampilan malaikat, tetapi malaikat identitas dia berkata: “Janganlah takut, Maria, bagi Anda telah ditemukan dengan nikmat Allah, yang telah memilih Anda untuk menjadi ibu seorang nabi, yang Dia akan mengirim ke orang Israel supaya mereka berjalan di hukum dengan kebenaran dari jantung. Virgin yang dijawab: “Bagaimana akan melahirkan anak-anak saya, saya tidak melihat seorang laki-laki tahu?” Malaikat menjawab: “O Maria, Allah yang dibuat manusia tanpa manusia itu mampu menghasilkan manusia di anda tanpa seorang laki-laki, karena dengan dia tidak ada yang mustahil.”

3. Maryam menjawab: “Saya tahu bahwa Allah adalah Maha, maka ia akan dilakukan.” Malaikat menjawab: “digambarkan dalam Sekarang Anda nabi, siapa kamu nama Yesus: dan Anda harus memelihara dia dari anggur dan dari minuman keras dan daging dari setiap najis, karena anak merupakan salah satu suci Allah.” Maria tertunduk diri dengan rendah hati, berkata: “Sesungguhnya Allah yang handmaid, biarkan dilakukan menurut kata Anda.”

4. Malaikat berangkat, dan Virgin dimuliakan Allah, berkata: “Ketahuilah,” Hai jiwa, yang kebesaran Tuhan, dan gembira, saya semangat, di Allah saya Penyelamat, karena ia telah dianggap yang handmaiden kerendahan hati kita, seperti yang akan disebut diberkati oleh semua bangsa-bangsa, untuk dia yang besar telah me besar, dan ia akan diberkati suci nama. Untuk itu rahmat membentang dari generasi ke generasi dari mereka yang takut akan Dia. Maha Perkasa ia telah dibuat tangan, dan ia telah tersebar di bangga di imajinasi dari hatinya. Dia telah meletakkan mereka yang besar dari kursi, dan telah agung yang rendah hati. Dia diisi dengan baik orang yang telah lapar, dan dia telah kaya jauh kosong. Untuk dia tetap dalam memori yang janji-janji yang dibuat kepada Ibrahim dan anaknya untuk selama-lamanya. ”

Peringatan yang ke Yusuf

2. 1. Maria yang dikenal kehendak Allah, orang-orang yang beriman, kecuali jika mereka harus mengambil pelanggaran saat yang sangat baik dengan anak dan batu itu sebagai bersalah atas perbuatan zina, memilih pendamping dari garis keturunan sendiri, seorang laki-laki yang disebut dengan nama Yusuf, dari tdk hidup: untuk sebagai orang yg dia khawatir Allah dan melayani Dia dengan fastings dan doa, hidup dengan karya kedua tangan, untuk dia adalah seorang tukang kayu. Mengetahui seperti manusia, yang Virgin dia memilih untuk temannya dan menunjukkan kepadanya pengacara yang ilahi [ dia diterima].

2. Yusuf menjadi orang saleh, apabila ia Maryam yang dianggap telah besar dengan anak, dianggap menempatkan dia pergi karena ia khawatir Allah. [Tetapi] tiba-tiba, sementara dia tidur, dia rebuked oleh malaikat Allah, berkata: “Hai Yusuf, mengapa anda berpikir untuk menempatkan diri istri Maria? Ketahuilah, bahwa apa yang telah dibuat di semua telah dilakukan oleh akan Allah. The Virgin akan melahirkan seorang anak laki-laki, yang akan Anda panggil dengan nama Yesus, dan Anda harus memelihara dia dari anggur dan minuman keras dan daging dari setiap najis, karena ia adalah satu suci Allah dari rahim ibunya.

3. Dia adalah nabi Allah yang dikirim kepada orang Israel, supaya ia dikonversi ke Yehuda hatinya, dan bahwa Israel Mei berjalan pada Hukum Tuhan, seperti yang tertulis dalam Hukum Musa. Dia akan datang dengan kuasa yang besar, yang akan Allah berikan kepadanya, dan akan bekerja keajaiban besar, dimana banyak akan selamat. “Yusuf, yang timbul dari tidur, memberi bersyukur kepada Allah, dan tempat kediaman dengan Maria semua hidupnya, melayani Tuhan dengan kesungguhan .

Kristus

3. 1. Ada yang memerintah di waktu di Judea Herodes, dengan SK dari Caesar Augustus, dan Pilatus adalah gubernur dalam keimamatan Hanas dan Caiaphas. [Pada saat itu], dengan SK dari Augustus, seluruh dunia telah terdaftar [dalam sensus]; karena setiap satu pergi ke negara sendiri, dan mereka masuk oleh suku mereka sendiri untuk mendaftarkan diri. Yusuf sesuai berangkat dari Nazaret, sebuah kota Galilea, dengan istrinya Maria, besar dengan anak, untuk pergi ke Bethlehem (bahawa ia adalah untuk kota itu, ia sedang dari keturunan Daud), sehingga ia mungkin akan didaftarkan menurut SK dari Kaisar.

2. Setibanya di Bethlehem Yusuf tidak menemukan tempat [tinggal] adalah untuk kota kecil dan banyaknya orang-orang asing yang ada besar. Karena itu ia mengambil penginapan di luar kota di sebuah penginapan yang dibuat untuk gembala ‘penampungan. Sementara Yusuf yang ada tempat kediaman hari dipenuhi untuk Maria untuk melahirkan [anak].

3. Virgin yang telah dikepung oleh terang yang sangat ringan, dan kubur anaknya tanpa rasa sakit, yang dia itu di tangan, dan dia dalam pengawasan rata-meletakkan pakaian itu di palungan, karena tidak ada ruang di rumah. Sebuah besar dari malaikat datang ke Inn dengan sukacita dan damai mengumumkan kepada mereka yang takut akan Tuhan. Maria dan Yusuf memuji Tuhan untuk kelahiran Yesus, dan dengan sukacita terbesar nurtured dia.

Malaikat itu memampakkan diri

4. 1. Pada waktu itu adalah menonton gembala atas mereka kawanan, karena mereka adalah adat. Dan, tiba-tiba, mereka dikelilingi oleh cahaya yang sangat terang, dari mereka yang ternyata seorang malaikat, yang diberkati Allah. Gembala yang telah diisi dengan ketakutan karena tiba-tiba dari cahaya dan tampilan malaikat, dimana malaikat Tuhan identitas mereka, dan berkata: “Sesungguhnya, saya mengumumkan kepada Anda sukacita yang besar, untuk itu lahir di kota Daud yang anak yang merupakan nabi dari Tuhan, yang membawa keselamatan besar ke Rumah Israel. Anak Anda akan menemukan di palungan, dengan ibunya, yang blesses Allah. Dan ketika dia berkata ini ada yang datang dari malaikat besar berkat Tuhan, mengumumkan perdamaian untuk mereka yang mempunyai niat baik.

2. When the angels were departed, the shepherds spoke among themselves, saying: “Let us go even to Bethlehem, and see the word which God by his angel has announced to us. There came many shepherds to Bethlehem seeking the new-born babe, and they found outside the city the child that was born, according to the word of the angel, lying in the manger. They therefore made obeisance to him, and gave to the mother that which they had, announcing to her what they had heard and seen. Ketika malaikat yang berangkat, para gembala berbicara di antara mereka sendiri, berkata: “Mari kita pergi bahkan ke Bethlehem, dan melihat kata yang Allah dengan malaikat telah mengumumkan kepada kami. Terdapat banyak gembala datang ke Bethlehem mencari yang baru lahir-mata, dan mereka ditemukan di luar kota anak yang dilahirkan, sesuai dengan perkataan malaikat, letaknya di palungan. Mereka itu dibuat menyembah kepadanya, dan memberikan kepada ibu yang mereka, mengumumkan kepadanya apa yang mereka telah mendengar dan melihat .

3. Mary therefore kept all these things in her heart, and Joseph [likewise], giving thanks to God. Maria itu dipelihara semua hal tersebut di jantung, dan Yusuf [pula], memberi bersyukur kepada Allah. The shepherds returned to their flock, announcing to everyone how great a thing they had seen. Para gembala kembali ke kawanan mereka, mengumumkan kepada semua orang bagaimana banyak hal yang mereka dilihat. And so the whole hill-country of Judea was filled with fear, and every man laid up this word in his heart, saying: “What shall this child be?” Dan seluruh bukit-negara Judea dipenuhi dengan ketakutan, dan setiap orang sakit ini kata dalam hatinya, berkata: “Apa yang harus dilakukan anak ini?”

Yang sunat Yesus

5. 1. Ketika delapan hari dipenuhi sesuai dengan Hukum Tuhan, seperti yang tertulis dalam Buku Musa, mereka membawa anak dan dia dibawa ke Bait untuk menyunat dia. Dan agar mereka disunat anak, dan beri dia nama Yesus, seperti Malaikat Tuhan telah berkata sebelum dia kepentingannya dalam kandungan. Maria dan Yusuf Memandangkan anak harus untuk keselamatan dan [untuk] merusak banyak, sehingga dikhawatirkan Allah, dan memelihara anak dengan takut akan Tuhan.

Tiga Magi

6. 1. Dalam pemerintahan Herodes, raja Judea, ketika Yesus dilahirkan, dalam Bagi tiga bagian timur yang mengamati bintang-bintang dari langit. Terdapat bintang mereka sangat kecerahan, jadi, yang disimpulkan di antara mereka sendiri, mereka datang ke Judea, dipandu oleh bintang yang sebelum mereka pergi, dan setelah tiba di Yerusalem mereka bertanya di mana Raja orang Yahudi [telah] lahir. Ketika Herodes mendengar ini dia takut, dan semua kota ini susah. Herodes karena itu disebut bersama para imam dan ahli-ahli Taurat berkata: “Di mana Kristus harus dilahirkan?” Mereka menjawab bahwa ia harus lahir di Bethlehem; untuk jadi ditulis oleh nabi: Dan Anda, Bethlehem, tidak sedikit di antara raja Yehuda: untuk keluar dari Anda akan keluar sebagai pemimpin, yang akan memimpin umat-Ku Israel.

2. Herodes sesuai disebut bersama Magi dan bertanya kepada mereka tentang kedatangan mereka: yang dijawab bahwa mereka telah melihat bintang di sebelah timur, yang telah menuntun mereka, karena mereka ingin menyembah baru ini Raja yang dituturkan oleh bintang itu dengan hadiah. Kemudian Herodes berkata: “Ke Bethlehem dan pencarian dengan ketekunan semua tentang anak, dan bila Anda sudah menemukan dia, datang dan kirim ke saya, karena saya juga am bersedia untuk datang dan menyembahnya. Dan ini dia berbicara deceitfully.

7. 1. Bagi yang berangkat itu dari Yerusalem, dan sesungguhnya, bintang yang muncul kepada mereka di timur sebelum mereka pergi. Melihat bintang Bagi yang telah diisi dengan sukacita. Dan sehingga memiliki datang ke Bethlehem, di luar kota, mereka melihat bintang yang masih berdiri di atas losmen di mana Yesus dilahirkan. Bagi yang ada dan pergi, masuk ke dalam rumah, ditemukan anak dengan ibunya. Lipatan bawah mereka tidak menyembah kepadanya. Dan [mereka] disajikan rempah-rempah, dengan emas dan perak kepadanya, recounting ke Virgin semua yang mereka dilihat.

2. Kemudian, saat tidur, mereka peringatan oleh anak untuk tidak pergi ke Herodes, maka berangkat dengan cara lain mereka kembali ke rumah mereka sendiri, semua mengumumkan bahwa mereka telah terlihat di Judea.

Penerbangan ke Mesir
& Yang Massacre dari yang tidak bersalah

8. 1. Herodes, melihat bahwa Magi tidak kembali, percaya dirinya mocked oleh mereka, maka ia ditentukan untuk menyebabkan kematian anak yang dilahirkan. Tetapi ketika melihat Yusuf tidur di sana ternyata dia malaikat Tuhan, berkata: “Bangkitlah dalam waktu singkat, dan mengambil anak dengan ibunya dan pergi ke Mesir, untuk Herodes ingin membunuh dia.”

2. Yusuf timbul dengan sangat takut, dan mengambil Maria dengan anak, dan mereka pergi ke Mesir, dan ada tempat kediaman mereka sampai kematian Herodes: yang percaya dirinya derided oleh Magi, yang dikirim kepada prajurit untuk membunuh semua anak-anak yang baru lahir di Bethlehem. ” Prajurit yang datang dan berbelok semua anak-anak yang ada, seperti Herodes telah perintahkan mereka, dan sebagainya yang dipenuhi perkataan nabi, berkata: ratapan besar dan menangis ada di Rama; Rachel laments untuk putranya, tetapi hati tidak diberikan [untuk] itu karena mereka tidak.

Debat dengan Dokter

9. 1. Ketika Herodes telah mati, tiba-tiba malaikat Tuhan muncul kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: “Kembali ke Judea, bagi mereka yang menghendaki kematian anak telah mati.” Maka Yusuf itu anak dengan Maria ([Yesus] yang datang untuk usia tujuh tahun), dan datang ke Judea. Tetapi pendengaran yang Archelaus, anak Herodes, yang memerintah di Judea, ia khawatir sisa [ada dan sebagainya] dia pergi ke Galilea, dan mereka pergi untuk tinggal di Nazaret. Anak tumbuh dalam tenggang sebelum dan hikmat Allah dan sebelum laki-laki.

2. Yesus, yang datang ke usia dua belas tahun, pergi ke Yerusalem dengan Maria dan Yusuf, untuk menyembah ada menurut Hukum Tuhan tertulis dalam Buku Musa. Ketika mereka telah berakhir doa-doa mereka berangkat, yang kehilangan Yesus, karena mereka pikir bahwa ia [telah] kembali rumah mereka dengan sanak saudara. Oleh karena itu, Maria kembali ke Yerusalem dengan Yusuf, mencari Yesus di antara sanak saudara dan tetangga. Hari ketiga anak mereka ditemukan di Bait di tengah-tengah dokter, disputing dengan mereka mengenai Undang-Undang. Setiap orang sangat kagum dengan pertanyaan dan jawaban itu, berkata: “Bagaimana bisa ada doktrin tersebut di dalam dia, ia melihat sangat kecil dan tidak belajar membaca?”

3. Maria reproved dia berkata: “Anak, apa yang telah anda lakukan kepada kami? Anda dan ayah saya telah berusaha untuk tiga hari.” Yesus menjawab: “Apakah Anda tidak tahu bahwa layanan Tuhan patut datang sebelum ayah dan ibu?” Yesus kemudian pergi dengan ibunya dan Yusuf ke Nazaret, dan tunduk kepada mereka dengan rendah hati dan hormat.

bersambung……